Cara Melatih Dan Mengajari Bayi Berguru Berjalan Dengan Baik Dan Benar

Pada umumnya Bayi mulai bisa berdiri dan berguru melangkahkan kaki untuk pertama kalinya disaat mereka berusia 9-12 bulan, selanjutnya ia akan mulai lancar berjalan disaat usia mereka menginjak 14-15 bulan. dalam masa - masa berguru berjalan inilah peranan anda sebagai orang renta sangat di butuhkan untuk menunjukkan rasa percaya diri kepada si kecil anda dan juga menunjukkan rasa kondusif ketika sikecil mulai menapakan kakinya dan kemudian melangkah, seringkali sikecil akan merasa kapok ketika ia terjatuh dikala berusaha melangkah, di dikala inilah anda harus terus menunjukkan semangat dan rasa nyaman kepada si kecil lantaran di 5 bulan pertama, kaki si kecil belum cukup berpengaruh untuk menopang tubuh mereka, pastilah akan sering terjatuh, kalau anda bersabar dan penuh kasih sayang mendampingi si kecil anda untuk terus berguru melangkah, insyaallah beberapa bulan saja si kecil sudah bisa berjalan dengan lancar, banyak cara yang bisa anda gunakan ketika anda mengenali tahap perkembangan gerak si kecil, semoga lebih terperinci bagaimana Cara Melatih dan Mengajari Bayi Belajar Berjalan Dengan Baik dan Benar, anda bisa menyimak salah satu cuplikan video tutorial perihal Cara Melatih dan Mengajari Bayi Belajar Berjalan Dengan Baik dan Benar, selamat menyimak.


Banyak sekali alat bantu sederhana dan murah meriah namun tetap kondusif yang bisa anda pergunakan semoga si kecil lebih nyaman dan kondusif ketika sedang berguru berjalan, dengan alat - alat bantu ibarat ini memungkinkan si kecil lebih kondusif dan tidak terjatuh dikala sedang berguru berjalan, alat - alat bantu sederhana tersebut bisa anda buat sendiri atau bisa anda beli di toko perlengkapan bayi, beberapa pola alat bantu untuk melatih sikecil berjalan silahkan anda Klik di  -->  SINI



Beberapa Langkah Melatih Bayi Untuk Mulai Berani Berjalan

1. Pertama kali latih untuk berdiri tegak. Saat usia mereka 9-10 bulan, bantu si kecil untuk terbiasa berdiri tegak tanpa dipegang selama setengah menit. Jika si buah hati duduk terjatuh, motivasi beliau untuk bangun berdiri sendiri.
2. Pegang tangannya. Latih mereka untuk melangkahkan kakinya sambil tanganya dipegangi ayah bunda. Jika sudah memungkinkan biarkan tangan si kecil memegang satu tangan ayah bunda sebagai pegangan untuk berjalan.
3. Berdiri dalam box. Tempatkan si kecil dalam box tidurnya, bimbing mereka untuk berdiri dengan berpegangan pada dinding box dan pandu beliau untuk berjalan menyusurinya. Selalu temani mereka dikala berguru berjalan dalam boxnya untuk memastikan keamanannya.
4. Stimulasi dengan mainan. Letakan mainan kesukaanya dalam posisi tertentu, motivasi beliau untuk mengambilnya dengan cara berjalan.
5. Mendorong. Saat si kecil berguru berjalan biasanya mereka menyukai aktifitas mendorong, kalau memungkinkan berikan mereka mainan yang bisa didorong


Cepat  atau lambat anak mulai bisa berjalan tergantung pada stimulasi untuk aktif bergerak Kurangnya pemberian stimulasi pada anak untuk aktif bergerak lantaran ia terlalu banyak digendong atau berada di kereta bayinya sehingga mengakibatkan keterlambatan. Diperlukan kesabaran, dalam membimbing bayi anda cepat berjalan,

berikut ini beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk merangsang si kecil semoga tetap bersemangat berguru melangkahkan kakinya.



Ketika keseimbangannya belum sempurna, biarkan bayi anda berdiri dan berjalan merambat sambil berpegangan pada anda atau perabot rumah tangga. dalam hal ini anda harus ekstra waspada lantaran bayi anda bisa cedera bila ia lengah dari pengawasan anda.


Ketika ia mulai berdiri, biarkan ia menggenggam jari-jari atau pergelangan tangan anda dan menarik badannya ke posisi berdiri dan kakinya bisa menopang berat badannya sendiri.


Jika bayi anda terlihat limbung dan enggan melangkah sendiri, sanggahlah berat tubuhnya dengan meletakkan kedua tangan anda di bawah lengannya sehingga ia berani melangkah. Raih dan tuntun bayi dengan memegangkan kedua tangan anda kepadanya.


Biarkan bayi berpegangan pada anda dengan satu tangan, kemudian berpindah berpegangan pada satu jari saja dan kesudahannya melepaskan sama sekali, anda juga bisa berlutut di depannya dan mengulurkan kedua tangan atau anda bisa merentangkan kedua tangan seolah ingin memeluknya sambil anda berjalan mundur perlahan.


Letakkan mainan favorit dan usahakan ia melihat anda meletakkan mainan tersebut, Beri semangat ke anak untuk menggapainya sambil menepuk-nepuk daerah tersebut. Bayi Anda akan berusaha meraih mainannya dengan merambat untuk berdiri, dampingi dari belakang sambil terus menyangga bokongnya


Suasana rumah dibentuk seaman dan senyaman mungkin, singkirkan pernak-pernik kecil di rumah yang tajam dan berbahan gelas dari jangkauan bayi anda,  Perabot rumah yang sanggup menciptakan anak cedera ibarat siku meja yang tajam, perlu disingkirkan terlebih dahulu


Biarkan kaki bayi tanpa bantalan kaki ibarat kaus kaki atau sepatu semoga kaki-kakinya sanggup bergerak bebas dan lincah, dan ia sanggup mengenal daerah yang tidak rata ibarat tangga Jika perlu menggunakan sepatu, sebaiknya pilih sepatu yang mempunyai sol dari karet dan anti slip serta mengeluarkan suara kerincing yang menciptakan bayi Anda lebih semangat dan bangga ketika melangkahkan kaki –kakinya.


Taruh keranjang cucian semoga bisa didorong, semoga bayi anda lebih bersemangat dalam mengasah kemampuan berjalannya tanpa derma orang lain. Latihan ini juga sanggup menguatkan otot-otot tangan dan kakinya.


Child harness (tali kekang bayi) sanggup dipakai untuk membantu bayi anda latihan jalan dan membantu menjaga bayi anda semoga tetap kondusif sekalipun di daerah keramaian dan bayi tetap selalu berada dalam jangkauan Anda.


Coba anda buat latihan berjalan di rumput atau taman semoga bayi lebih mantap dalam melangkah untuk menjaga keseimbangannya, sekaligus sanggup meningkatkan kepekaan indera peraba di telapak kakinya.


Jangan Lupa Berikan kata-kata penyemangat, pujian, senyuman, tepuk tangan dan pelukan, kalau bayi anda berhasil mengambil mainan favoritnya di daerah yang anda menetapkan atau berjalan menghampiri anda tanpa terjatuh

Jangan memaksa anak untuk berguru berjalan terlalu awal lantaran otot-otot kakinya mungkin belum siap, sehingga sanggup mengakibatkan bayi anda terjatuh berkali-kali, dan menjadikannya takut serta stress berat sehingga semakin enggan untuk berguru berjalan sendiri.



Sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan ketika anak umur 1 tahun belum bisa jalan. Berdasarkan banyak sekali literatur perkembangan bayi sanggup disimpulkan bahwa setiap anak mempunyai pola perkembangan yang berbeda-beda, malah dalam beberapa kasus ditemukan anak umur 2 tahun belum bisa berjalan. Dalam menilai perkembangan bayi, hal yang paling perlu diperhatikan yaitu kesehatan tubuh dan psikis mereka.

Banyak faktor yang mengakibatkan bayi lambat memperoleh kemampuan berjalan, salah satu faktor utama yaitu "kurangnya latihan", hal ibarat ini sering ditemukan pada anak yang kedua orang tuanya sibuk, dimana bayi mereka hanya diasuh perorangan, sehingga tidak ada waktu buat si bai untuk melatih kemampuan berjalan. Berbeda halnya anak yang dititipkan di temapat penitipan anak, di sana kemampuan anak cepat berkembang lantaran melihat acara anak lainnya.

Apakah anak umur 1 tahun belum bisa jalan dikategorikan abnormal? Tentu tidak, lantaran banyak juga ditemukan anak gres bisa berjalan sehabis umur 14 bulan bahkan 20 bulan. Untuk itu tidak perlu terlalu dikhawatirkan selama pertambahan berat tubuh dan pekembangan psikis mereka terlihat normal. Berat tubuh normal bayi pernah saya tuliskan sebelunya di sini. Secara lengkap tabel pertambahan berat tubuh tersebut bisa anda lihat di buku posyandu atau pribadi konsultasikan dengan bidan atau dokter anak.

Untuk men-stimulasi kemampuan berjalan anak sanggup dilakukan dengan melatih mereka secara teratur. Kegiatan berjemur di pagi hari sebelum jam 9 sangat penting untuk perkembangan tulang anak, jadi biasakan sehabis mandi pagi anak di jemur selama 5 - 10 menit dibawah sinar mentari pagi.

Alat yang sanggup dipakai untuk stimulasi kemampuan berjalan ini salah satunya yaitu baby walker, benda ini sanggup berfungsi sebagai mainan sekaligus membantu anak untuk latihan berjalan. Model baby walker sangat beragam, pilihlah yang paling ringan, berpengaruh dan langsing. Baby walker besar akan menghambat pergerakan anak ketika harus lewat di celah-celah sempit ibarat diatara sofa, dan melewati pintu antar ruangan. Oleh lantaran itu setiap membeli perlengkapan bayi sebaiknya tekankan pada fungsi bukan pada nilai estetika keindahan atau mahalnya perlengkapan tersebut.

--> SELANJUTNYA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel