Cara Memperbaiki Head Cartridge Yang Tersumbat Atau Mampet

Terkadang printer Ink Jet yang gres anda beli beberapa bulan yang kemudian sudah tidak sanggup di gunakan lagi untuk mencetak, hasil cetakannya terputus - putus dan bahkan tidak keluar hasil cetakannya sama sekali, hal ini kemungkinan besar di sebabkan mengeringnya tinta di akses Head Cartridge printer anda, sebagian duduk kasus yang terjadi pada Head Cartridge printer yang tersumbat lantaran akses penyemprot tinta yang tersumbat, bisa saja lantaran printer tersebut jarang di gunakan atau tersumbat kotoran yang terbawa dari kertas yang anda gunakan untuk mencetak di printer tersebut. kemudian bagaimana solusinya supaya Head Cartridge Yang Tersumbat Atau Mampet sanggup di perbaiki dan sanggup di gunakan kembali ? hening saja, sebagai orang indonesia anda harus gembira lantaran ada prinsip tak ada rotan akar pun jadi, artinya anda bisa memperbaiki Cartridge printer yang mampet itu dengan banyak sekali cara dan alat - alat tradisional berikut ini, balasannya pun hampir 90 % berhasil tergantung dari tingkat keparahan penyumbatan pada cartridge tersebut, sebelum kita mempraktekannya mari simak terlebih dahulu video tutorialnya di bawah ini, supaya langkah - langkahnya sanggup anda pahami terlebih dahulu, selamat menyimak !



 


Berbagai Jenis Head Cartridge Printer yang bisa anda perbaiki dengan cairan cleaner dari duduk kasus tersumbatnya akses penyemprot tinta teladan Cartridgenya silahkan anda Klik di --> SINI



Contoh Cairan Cleaner Pembersih Head Cartrigde Printer





Jika tidak ada cairan cleaner menyerupai gambar di atas anda bisa gunakan Air Panas menyerupai teladan gambar di bawah ini :




Cara Membersihkan Tinta Tersumbat Pada Head Cartridge dengan Air Panas yakni sebagai berikut  :
Bersihkan tinta printer dengan selembar kertas tissue yang telah di rendam sebentar dengan air hangat dengan cara lap kertas `tissue‘ berair pada head (lubang penyemprotan tinta). Apabila ada tanda tinta pada kertas `tissue’, berarti masih ada lubang penyemprotan tinta yang (masih) sanggup mengeluarkan tinta /tidak tersumbat atau (mungkin) tinta kering yang menyumbat telah mencair. Cobalah untuk test printing tinta printer yang tersumbat tersebut

Jika cara di atas tetap tidak berhasil, kita bisa mencoba dengan air lebih hangat (60-70 derajat celcius) dengan cara merendam cartridge selama 10-15 menit untuk mencairkan lubang tinta yang kering tersebut. Coba lagi untuk test printing

Jika 2 cara di atas tidak bisa mengatasi cartridge printer yang tersumbat, maka gunakan cara alternatif di bawah ini :

Head Cartridge yang tidak bisa keluar tintanya lantaran Penyumbatan jawaban tinta yang mengering , sehingga tentu saja akan menyumbat jalannya tinta ketika dipakai proses mencetak.

·         Kotoran atau sering kali abu yang masuk ke cartridge bersamaan bercampur masuknya tinta 
          sehingga menyumbat lubang-lubang head.
·         Panas berlebih jawaban head yang dipaksa bekerja mencetak tanpa istirahat.
·         Ujung head tergores jawaban benturan/bergesekan dengan benda yang lebih keras.

Perlu diketahui bahwa diameter cartridge sangat kecil bahkan lebih kecil dari diameter rambut manusia, sehingga apabila ujung head ini terbentur/tergesek benda keras akan praktis rusak.

Solusi untuk ini yaitu: Head cartridge yang tersumbat baik oleh tinta yang mengering atau kotoran contohnya abu yang masuk bercampur tinta. Solusi sebetulnya tergantung kondisi kerusakan head cartridge  dari yang ringan hingga yang berat. Gejala penyumbatan cartridge tentu saja ditandai dengan tidak keluarnya tinta dengan tepat ketika mencetak.

 ♦ Penyumbatan Ringan
Lakukan proses cleaning memakai software dari bawaan printer, jikalau masih belum juga bisa membantu lakukan proses deep cleaning memakai software bawaan printer juga.
♦ Penyumbatan Sedang
Dengan memakai alat yang disebut dengan toolkit penyedot cartridge. Caranya pun praktis cukup pasang cartridge yang bermasalah pada toolkit kemudian sedot memakai suntikan.

  Penyumbatan Berat
Rendam Head cartridge dengan memakai cairan cleaner (bukan sembarang cairan cleaner), ketika merendam jangan hingga membasahi hingga terkena chip cartridge. Lamanya tergantung tingkat kerusakan penyumbatan head cartridge (bisa 15 menit 1 jam bahkan sehari). Kemudian kombinasikan juga memakai toolkit penyedot cartridge.


Cara merawat head print supaya tidak tersumbat lagi !





Pastikan anda memakai tinta berkualitas yang sudah melalui proses filtrasi sempurna, lantaran tinta yang sembarangan bisa menyebabkan Head printer menjadi tersumbat atau mampet atau tidak mengeluarkan tinta dengan sempurna.

Head printer bisa mengering dan tersumbat dikarnakan printer tersebut tidak dipakai dalam jangka waktu yang usang atau jarang digunakan. Istilah untuk printer yang tersumbat atau mengering ini sering dikenal dengan Clogged print head.

Untuk cara mengatasinya atau membersih head printer yang mampet, mengering atau tersumbat ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Untuk type printer terbaru khususnya printer Epson pastilah dilengkapi dengan akomodasi Cleaning System, nah..untuk langkah pertama, coba anda gunakan akomodasi tersebut dengan melaksanakan testing printer secara berulang-ulang. Untuk akomodasi bawaan dari printer terbaru lainnya yakni pembersih head atau Cleening Head. Gunanya yakni untuk membersihkan head print yang tersumbat, tapi untuk akomodasi ini jarang berhasil! Dan apabila anda melaksanakan akomodasi ini secara berulang-ulang 10 kali atau lebih, maka akan menyebabkan tinta menjadi boros, atau lebih parahnya sanggup menyebabkan Waste Ink Tank Full sehingga perlu dilakukan Resetter untuk printer tersebut.

Dan terakhir untuk membersihkan head printer yang tersumbat dan mengering ini salah satu cara yang bisa kita coba adalah. Kita coba bersihkan sendiri head printer. Yaitu dengan merendam atau memasukan head printer kedalam cairan/air boleh ditambahkan alkohol atau ammoniac kedalamnya (ingat yang dimasukan ke cairan hanya belahan headnya saja, bukan semuanya). Atau kalau perlu anda membeli cairan khusus untuk membersihkan head printer yang mengering ini (cartridge flush solution), namun cairan ini tidak mengecewakan juga harganya. Silahkan anda lakukan langkah ini sekitar 10 menit atau kalau perlu seharian juga tidak masalah. Langkah ini bisa mencirkan lagi tinta yang mengering. Dengan cairnya tinta kering tersebut diperlukan bisa untuk mencetak dengan cantik lagi. Cara tersebut lebih efisien ketimbang harus mengganti cartidge, ini memang cepat dan gampang, namun memakan biaya yang cukup mahal. Cara ini bisa dilakukan apabila Cartidge dan head menyatu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel