Cara Menciptakan Lilin Hias Untuk Souvenir, Ulang Tahun Dan Hiasan

Lilin sudah di gunakan sebagai alat penerangan alternatif pengganti obor semenjak Tahun 200 Masehi, ciri khas lilin untuk penerangan yaitu adanya sebuah sumbu di tengah batang lilin tersebut yang berfungsi sebagai media pembakaran, sifat lilin yang tahan usang dan gampang terbakar seta berbentuk padat yang membuat munculnya kreatifitas lilin - lilin hias yang berwarna - warni dan manis penuh dengan nilai kreatifitas dan nilai ekonomis, bila di tekuni, bisnis lilin hias ini sanggup menjadi alternatif sumber penghasilan anda, Cara Membuat Lilin Hias Untuk Souvenir, Ulang Tahun dan Hiasan tidaklah sulit, materi - materi yang di butuhkan untuk memproduksi lilin hias yang beraneka warna indah ini juga gampang di dapat, pada dasarnya anda tinggal menyebarkan daya imajinasi dan kreatifitas anda untuk mencipkan lilin - lilin hias yang moderen dan menarik, banyak sekali bentuk dan juga jenis lilin hias yang di produksi secara home industri dengan omset hingga ratusan juta rupiah sebulannya, apakah anda tertarik untuk menekuni bisnis pengecoran lilin hias ini ? atau tidak ada ruginya anda mempelajarinya untuk sekedar menambah keahlian anda, paling tidak anda sanggup berkreatiftas membuat design lilin hias yang unik untuk kebutuhan interior dan mungkin saja ulang tahun keluarga anda. cara membuatnya tidaklah sulit, di bawah ini kita akan uraikan langkah - langkah pengecorannya secara lengkap, namun seebelum kita praktekan langkah - langkah tersebut, ada baiknya untuk membuka wawasan anda wacana Cara Membuat Lilin Hias Untuk Souvenir, Ulang Tahun dan Hiasan interior itu sangatlah mudah, maka silahkan anda simak salah satu video tutorial berikut ini wacana bagaimana cara membuat lilin hias ukir yang unik dan bernilai hemat tinggi dengan mudah, baik dan benar, selamat menyimak.


Berbagai macam model lilin Hias dan juga bentuk kemasan uniknya sanggup anda simak secara lengkap model - modelnya di sini, dengan melihat banyak sekali pola model lilin hias kreatif tersebut di harapkan sanggup menyebarkan daya imajinasi dan kreatifitas anda untuk mencipkan model - model lilin hiasa yang lebih unik dan bernilai hemat tinggi, selengkapnya silahkan anda klik di --> SINI


Cara Membuat Lilin Hias Sederhana

Bahan-bahan Yang di Perlukan :
Paraffin,Benang kasur, parfum, Pewarna.

Peralatan:
  • Panci kecil
  • Botol bekas mayones,selai, atau lainnya (usahakan cari yang berlubang lebar dan beling tebal, kemudian basuh higienis dan keringkan)
  • Gelas kecil (transparan bila lilin ingin berwarna-warni)
  • Tusuk sate, dengan ukuran lebih panjang daripada diameter lisan gelas.
Proses pembuatan:
  1. Siapkan tusuk sate kemudian ikat cuilan tengahnya dengan benang kasur, kemudian letakkakan tusuk satec tersebut tepat di atas lisan gelas, dan aturlah semoga benang jatuh ke dasar dan tetap berada ditengah gelas.
  2. Ambil botol bekas yang telah disiapkan kemudian masukkan ke dalamnya potongan parafin.
  3. Letakan botol yang telah berisi parafin tersebut ke dalam panci yang telah diisi air dengan tinggi kira-kira 1/3 panci.
  4. Panaskan pannci di atas kompor yang menyala dengan api kecil, kemudian aduk perlahan hingga parafin mencair.
  5. masukkan pewarna bertahap hingga mendapat warna yang sesuai dengan yang diinginkan.
  6. Setelah warna yang sesuai matikan api, kemudian angkat panci dari kompor, tambahkan parfum/aroma ke dalam paraffin yang masih mencair.
  7. proses terakhir yakni menuangkan paraffin cair ke dalam gelas, kemudian diamkan hingga parafin menjadi hambar dan beku.

Untuk mendapat warna lilin ingin lebih bergradasi (bercampur) caranya sama dengan proses lilin berlapis, bedanya dikala menuangkan lilin berwarna B tidak usah menunggu lilin berwarna A mengeras.

Jika lilin ingin lebih menarik: beri aksesori lilin malam berwarna-warni yang biasa dimainkan anak-anak, dan tempelkan pada permukaan dalam gelas (bentuk semoga berupa bunga, daun atau lainnya bila dilihat dari luar gelas). Lalu tuangkan paraffin cair (jangan terlalu panas, semoga lilin malam tidak ikut mencair).

Untuk menghasilkan posisi sumbu semoga lebih tegak, celupkan sumbu tersebut ke dalam paraffin cair, kemudian letakkan kembali di tengah-tengah gelas.

Untuk menghasilkan warna yang berlapis Tuangkan 1-2 sendok makan warna A, dinginkan hingga keras
Lalu tambah 1-2 sendok warna B, dinginkan kembali hingga keras, ulang ke warna A atau ke warna C, dst hingga mendapat warna yang sesuai selera.


Cara Membuat Lilin Hias Beraroma

Selain berfungsi untuk penerangan, penghias ruangan, keperluan keagamaan, aromaterapi, souvenir, lilin juga sanggup menjadi benda yang mempunyai nilai seni tinggi. Lilin aromaterapi dalam hal kesehatan berfungsi untuk relaksasi dan memperlihatkan kenyamanan, menghilangkan stress dan kecemasan. Kebutuhan lilin hias aromaterapi ini sangat pesat sejalan dengan banyaknya rumah spa, hotel, restoran bahkan di rumah tangga sekalipun. Maka tidak ada salahnya bila kita mencoba membuat lilin sendiri.

Bahan yang dibutuhkan :
  • Paraffin dan atau beewax
  • Stearin
  • Pewarna (serbuk, batang / crayon, cat minyak)
  • Pengharum (parfum / essence oil : kenanga, jasmine, lavender, rose, dll)
  • Benang katun (sumbu)
  • White oil
Alat-alat yang diharapkan :
  • Baskom besar
  • Baskom kecil
  • Pemanas (kompor : listrik, LPG, Portable)
  • Pengaduk / spatula kayu
  • Cup karton untuk menaruh warna
  • Cetakan (cetakan pudding, cetakan es, keramik, gelas kecil bening bagi yang ingin membuat lilin dengan warna-warna yang cantik, dll)
  • Pensil/sumpit/tusuk sate/stik es krim
  • Pisau dan telenan
Cara kerja :
  1. Siapkan cup karton, untuk menaruh warna dan membantu menuangkan lilin ke dalam cetakan
  2. Siapkan cetakan / gelas untuk mencetak lilin
  3. Ikatkan tali kasur / benang katun (sebelumnya dicelup lilin cair supaya sanggup tegak) untuk sumbu pada pensil/sumpit/tusuk sate, panjang sumbu diubahsuaikan dengan tinggi cetakan gelas
  4. Letakkan pensil/sumpit/tusuk sate di atas gelas dengan tali tepat di tengah gelas, letakkan ujung yang bebas ke dasar gelas
  5. Siapkan pewarna (serbuk/batang/cat cair/cat minyak), masukkan ke dalam cup karton
  6. Potong-potong lilin dan masukkan ke dalam bejana kecil
  7. Isi bejana besar dengan air, panaskan di atas kompor, masukkan bejana kecil de dalam bejana besar
  8. Lelehkan lilin (tim) di atas api kecil
  9. Lilin hanya butuh waktu sebentar untuk meleleh sempurna
  10. Segera tuangkan lilin cair ke dalam cup karton yang sudah berisi pewarna, aduk dengan cepat hingga pewarna larut dengan baik
  11. Dengan hati-hati tuangkan lilin cair berwarna ke dalam gelas atau cetakan yang sudah ditetesi dengan pewangi.
  12. Biarkan lilin menjadi hambar dan mengeras
  13. Lepas tali kasur dengan hati-hati dari pensil/sumpit/tusuk sate
  14. Jadilah lilin hias manis dan harum.
Hal - Hal Yang harus anda perhatikan dikala anda membuat lilin aromaterapi :
  1. Jangan panaskan paraffin dengan api pribadi supaya tidak terlalu meletup
  2. Mencairkan paraffin pada suhu sekitar 50-60 jangan hingga mendidih
  3. Memberikan parfum, oil essence di sekitar sumbu supaya aroma terapi lebih terasa
  4. Sebelum masuk cetakan, olesi cetakan (gelas, cetakan pudding, cetakan es, keramik) dengan sedikit minyak, supaya lilin gampang dilepas kecuali cetakan disertakan sebagai souvenir
  5. Selain menggunakan materi paraffin sanggup juga menggunakan lilin kedelai (soya wax) dan lilin lebah (beewax) yang lebih ramah lingkungan, tetapi dari segi harga lebih mahal dan materi bakunya terbatas
  6. Untuk membuat lilin transparan dilakukan dengan menambahkan polimer CT/PVC serbuk yang juga sangat mahal harganya
  7. Boleh menambahkan stearin (10%) dalam adonan atau white oil.
  8. Untuk membuat lilin dengan beberapa lapis warna, tuanglah tiap warna dengan jeda beberapa dikala atau hingga lilin menjadi jel sebelum menuangkan warna lainnya.
  9. Ukuran benang/sumbu yang digunakan diubahsuaikan dengan cetakan. Semakin besar cetakan maka menggunakan benang/sumbu ukuran tebal, dan begitu pula sebaliknya.

Cara Pembuatan Lilin Hias Yang Lebih Unik dan Bernilai Ekonomis Tinggi

Lilin yang biasa kita gunakan sehari-hari biasanya hanya untuk pelita, Namun dikala ini sanggup kita tambahkan kegunaannya sebagai hiasan dekorasi diatas meja makan atau meja tamu. Bahkan sanggup juga digunakan sebagai souvenir dalam program pernikahan.Berikut ini beberapa bentuk yang sanggup kita buat akan diuraikan dibawah ini dan bagaimana cara membuatnya. Pengembangan selanjutnya diharapkan sanggup di kembangkan dengan imajinasi anda sendiri.
Sebelum membuat kita harus tahu materi bakunya dan kegunaannya :

1.      Parafin wax yakni materi baku utama
2.      Pe wax untuk memberi kesan warna susu
3.      Stearin Wax untuk mengeraskan
4.      Pewarna minyak,                                                                                                                     Warna-warna dasar yang diharapkan : Hijau, merah, kuning.dengan ketiga warna dasar ini kita sanggup mengkombinasikan sehingga sanggup menghasilkan banyak warna-warna lainnya.
5.      Sumbu                                                                                                                                       Untuk sumbu, sebaiknya menggunakan materi katun 100 persen. Supaya sumbu tahan lama,  sebelum digunakan celupkan ke dalam cairan stearic acid hingga kotoran yang berupa busa keluar. Ambil dan tarik /regangkan hingga sumbunya kaku.
6.      Parfum secukupnya

CARA MEMBUAT LILIN HIAS BUNGA KAMBOJA





Bahan :

a)      Parafin                        1     kg      }       Sisakan untuk pencelupan
b)      Pe Wax                        100 gr
c)      Pewarna kuning          Secukupnya
d)     Sumbu                         Secukupnya
e)      Parfum                        Secukupnya

Cara pembuatan :
1.      Satu kilo lilin dicampur dengan 100 gram Pe Wax semoga adonan menjadi lembut, elastis dan gampang dibentuk. Adonan ini digunakan untuk membentuk daun, bunga, serta keperluan lain yang memerlukan kelenturan lilin.Masukkan ke dalam panci kemudian panaskan hingga mencair.
2.      Setelah mencair bagi materi menjadi dua bagian,yang satu biarkan tanpa warna (untuk dituang ke Loyang,dan sisakan untuk pencelupan 1) sedangkan cuilan yang satunya kita tambah pewarna kuning.(pencelupan 2)
3.      Tuang ke dalam Loyang,saat menuang harus dalam keadaan panas semoga rata tebal dan tipisnya.tunggu hingga setengah kering kemudian bentuk dengan menggunakan cetakan tetes air.
4.      Ambil lima lembar,satu persatu cuilan atasnya celupkan ke pencelupan 1,lalu celupkan ke air,sedangkan cuilan bawahnya celupkan ke pencelupan 2,lalu celupkan ke air.bentuk ditangan,pegang dengan tangan menggenggam.sehingga terbentuk bunga,bagian atasnya tekan ke arah luar hingga terbentuk kelopak bunga,setelah terbentuk bunga celupkan cuilan bawahnya saja dengan pencelupan 2.agar rangkaian bunga tidak lepas.
5.      Ratakan cuilan bawah dengan memotongnya
6.      Tusukkan sumbu  pada cuilan tengah lilin


CARA MEMBUAT LILIN HIAS  CRISTAL UNTUK SOUVENIR

 


Bahan :

a)      Stearic Acid                100 %
b)      Pewarna                      Secukupnya
c)      Sumbu                         Secukupnya
d)     Parfum                        Secukupnya

Cara Pembuatan :
1.      Panaskan Stearic acid hingga mendidih dan berasap.tambahkan pewarna dan parfum secukupnya
2.      Tuang ke dalam cetakan aluminium
3.      Diamkan sebentar hingga ada bintik-bintik menyerupai jarum pada permukaannya, kemudian pasang sumbunya. Setelah membeku, motif marmer/kristal atau retak akan kelihatan


CARA MEMBUAT LILIN HIAS UNIK

 


Bahan :

a)      Parafin                        1     kg           }  Sisakan untuk membuat busa/whipped cream
b)      Pe Wax                        100 gr
c)      Pewarna kuning          Secukupnya
d)     Pewarna merah            Secukupnya
e)      Pewarna biru               Secukupnya
f)       Sumbu                         Secukupnya
g)      Parfum                        Secukupnya

Cara membuat :
1.      Satu kilo lilin dicampur dengan 100 gram Pe Wax .Masukkan ke dalam panci kemudian panaskan hingga mencair.
2.      Bagi menjadi 4 cuilan dan beri masing2 warna kuning,merah ,biru dan putih (untuk membentuk busa/whipped cream )
3.      Tuang lilin warna biru ke dalam cetakan gelas isi hingga seperempatnya saja,dinginkan.sisakan sedikit untuk topping
4.      Tuang lilin warna kuning,dinginkan sisakan sedikit untuk topping
5.      Tuang lilin warna merah,dinginkan sisakan sedikit untuk topping
6.      Untuk membuat busa menyerupai salju dan es cream/whipped cream panaskan cuilan warna putih,tuang ke dalam mangkok.Diamkan hingga ada lapisan putih di atasnya. Lalu kocok menyerupai mengocok putih telur hingga setengah membeku.Siap digunakan untuk busa ice cream sesuai selera.
7.      Tambahkan topping dengan cara mengambil sisa dari masing2 warna,bentuk bulat, letakkan diatas busa es cream.
Tips:

- bila anda ingin membuat warna berlapis:
Tuangkan warna A, dinginkan hingga keras
Lalu tambah warna B, dinginkan kembali hingga keras
Ulang ke warna A atau ke warna C, dst

- Jika warna lilin ingin lebih bergradasi (bercampur):
Sama dengan proses lilin lapis, hanya dikala menuangkan lilin berwarna B tidak usah menunggu lilin berwarna A mengeras

- walau lilin berwarna-warni, aroma parfum harus sama

          Mungkin lebih baik kalau mengetahui beberapa persoalan atau kesulitan yang timbul dikala kita gres mencoba membuat lilin hias. Sehingga menghasilkan hasil yang terbaik dan tidak membuang waktu percuma. Ada beberapa persoalan yang sering terjadi :

1. Api terlalu kecil. Disebabkan sumbu kecil, lilin terlalu keras. Solusi: Pakai sumbu yang lebih besar, kurangi Sterin.
2. Api terlalu  besar: Disebabkan sumbu lilin besar, lilin lunak. Solusi: Pakai sumbu yang lebih kecil, tambahkan Sterin.
3. Api cepat mati lantaran tenggelam: Disebabkan sumbu kecil, lilin lunak. Solusi: Pakai sumbu yang lebih besar, tambahkan Sterin.
4. Lilin meleleh keluar: Disebabkan lilin lunak, sumbu tidak ditengah, Solusi: Tambahkan Sterin, letakkan sumbu ditengah.
5. Susah dilepas dari cetakan: Disebabkan waktu menuang lilin terlalu panas, lilin lunak. Solusi: Tunggu beberapa dikala sebelum menuang, tambahkan Sterin.
6. Permukaan lilin cekung: Disebabkan menyusut pada waktu dingin, belum ditambah ulang. Solusi: Panaskan cetakan, Tambahkan lilin cair sehabis agak dingin.
7. Terlihat banyak garis horizontal: Disebabkan waktu menuang lilin kurang panas, cetakan terlalu dingin, adonan sterin kebanyakan, Solusi: Tambahkan suhu, panaskan cetakan sebelum dituang, kurangi jumlah sterin.
8. Bintik gelembung : Lilin waktu dituang suhunya kurang tinggi, menuang terlalu cepat. Solusi: Tambahkan suhu, tuang lebih perlahan


Yang Perlu anda Ketahui :
  1. Saat mencetak kalau sanggup menggunakan wadah plastik, walaupun susah untuk dikeluarkan dari cetakan, kemudian masukkan kedalam kulkas maka akan gampang untuk dikeluarkan.
  2. Jika ingin sumbunya tidak mengeluarkan asap yang banyak, sebelum dijadikan sumbu rendam dengan air garam selama 3 jam kemudian keringkan.

Berikut ini Beberapa Contoh Kreasi Cetakan Lilin Hias Yang Unik dan Bernilai seni Tinggi



ilin sudah di gunakan sebagai alat penerangan alternatif pengganti obor semenjak Tahun  Cara Membuat Lilin Hias Untuk Souvenir, Ulang Tahun dan Hiasan

ilin sudah di gunakan sebagai alat penerangan alternatif pengganti obor semenjak Tahun  Cara Membuat Lilin Hias Untuk Souvenir, Ulang Tahun dan Hiasan



--> SELANJUTNYA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel