Cara Gampang Memperbaiki Sendiri Jam Dinding Yang Rusak

Setiap rumah sanggup di pastikan sebagian besar mempunyai jam dinding, dan jam dinding yang paling umum di miliki ialah jam dinding dengan tenaga penggagas baterai, walaupun jam dinding jenis ini harganya cukup terjangkau. namun terkadang dikala jam dinding yang sudah bertahun - tahun menjadi teman setia anda setiap hari datang - datang rusak, sebagai pemilik kemungkinan besar mempunyai ikatan emosional terhadap jam dinding yang dimilikinya itu, Jika menggantinya dengan jam dinding yang gres memang gampang apalagi harganya tidak terlalu mahal, tapi melupakan kenangan yang menempel pada jam dinding tersebutlah yang terkadang cukup sulit. atas dasar itulah kami akan coba membantu anda untuk bersama - sama berguru Memperbaiki Sendiri Jam Dinding Yang Rusak, karena  Bukan hal yang sulit untuk berguru memperbaiki Jam dinding yang rusak, sebelum kita bahas lebih teknis perihal Cara Praktis Memperbaiki Sendiri Jam Dinding Yang Rusak, ada baiknya anda simak sejenak cuplikan video tutorial berikut ini yang akan membuka wawasan anda bahwa memperbaiki sendiri Jam dinding yang rusak itu tidaklah sulit. Selamat Menyimak !







Jika anda sudah menyimak video tutorial di atas, perihal bagaimana cara membongkar dan memperbaiki jam dinding anda, maka selanjutnya ada baiknya anda juga coba melihat sejenak jenis - jenis mesin jam dinding yang di jual di pasaran, sehingga anda sanggup membeli mesin jam dinding tersebut nanti, kalau ternyata jam dinding anda memang rusak parah dan tak sanggup di betulkan lagi, maka anda tinggal mengganti mesin jamnya saja dengan pilihan harga yang terjangkau, untuk mengetahui spesifikasi dan harganya selengkapnya silahkan anda Klik di --> SINI




Beberapa teladan spesifikasi mesin jam dinding yang sudah banyak di jual di pasaran sanggup juga anda simak selengkapnya di --> SINI



Okay... selanjut kita mulai membahas bagaimana cara betulin Sendiri Jam Dinding anda Yang Rusak, selamat mencoba !



Peralatan yang diharapkan untuk berguru memperbaiki jam dinding :
  • Obeng kembang/plus (+)
  • Obeng min ukuran kecil
  • Ampelas
  • Lap kering
  • Kuas kecil

Tahap-tahap perbaikan:


1. Periksalah Baterainya

Sebelumnya, coba periksa dulu baterai jam dinding anda, bila mungkin cobalah ganti dengan baterai yang ada di peralatan lain yang masih bagus, contohnya jam pada mainan anak atau jam remote TV.
Bila diganti dengan baterai yang masih bagus, ternyata jam dinding anda masih tidak mau berputar, lanjut ke tahap 2.


2. Bersihkanlah Konektor Baterai

Untuk membersihkan konektor, anda harus melepaskan jarum jam dan mesin jam dari tubuh jam semoga mempermudah perbaikan selanjutnya.



Cara membongkar Jarum jam dinding:
  1. Dengan memakai obeng plus, longgarkan seluruh skrup/baut yang menempel pada serpihan belakan jam.
  2. Lepaskan bingkai depan yang menahan kaca, kemudian lepaskan kacanya.
  3. Dengan memakai jari tangan jepit tengah-tengan jarum, cabut satu persatu jarum jam dimulai dengan jarum detik-menit-jam. 
  4. Setelah jarum terlepas, lepaskan murnya dengan memutarnya ke arah kiri.
  5. Balikkan jam, cabut mesin jam dari tubuh jam dengan cara mencongkel penjepit di serpihan kiri dan kanan.

Cara membersihkan konektor


Lepaskan baterai, dan buka epilog mesin batre dengan obeng. Konektor baterai yang tertutup kotoran atau jamur akan mengganggu anutan listrik dari baterai ke spull (lilitan) baterai yang merupakan serpihan dari mesin jam sehingga menyebabkan matinya mesin jam dinding.
Terdapat dua pasang konektor, yaitu sepesang konektor yang terhubung ke kutub baterai dan yang satu pasang lagi terdapat pada MCB. Pastikan dua pasang konektor ini higienis dari kotoran dengan cara digosok perlahan dengan ampelas halus. Jika Setelah dibersihkan, ternyata jam masih belum berputar, periksa roda gigi.






3. Periksalah Roda gigi-nya


Pada serpihan dalam mesin jam terdapat roda-roda gigi kecil yang terbuat dari plastik. periksa apakah pada tempatnya atau tertutup debu atau kotoran. bersihkan roda gigi dengan lap kering atau kuas kecil.

Pasangkan epilog mesin batre, pasang juga batrenya. coba dengarkan apakah ada bunyi berdetak, bila perlu pasangkan jarum detik , bila detiknya berputar berarti mesin jam sudah betul. Berikutnya Pasang kembali seluruh komponen jam dinding ibarat semula.


Faktor Penyebab Kerusakan Jam Dinding Yang Umum Terjadi
Kerusakan mesin jam dinding yang paling sering terjadi ialah dikarenakan oleh semut, Semut sering sekali memakan gigi dari mesin jam dinding alasannya gigi mesin jam dinding sangat elastis dan rapuh. Jika semut sudah memakan gigi mesin jam dinding hal ini sanggup menyebabkan mesin jam dinding tidak sanggup berjalan secara normal ( mesin jam dinding menjadi lambat ) bahkan mesin jam dinding sanggup mati total.

Foto mesin jam dinding yang sudah rusak alasannya semut


Di dalam foto sanggup terlihat bahwa gigi mesin jam dinding telah rusak ( gigi mesin jam dinding sebelah kiri ) gigi mesin jam dinding itulah yang paling sering di makan oleh semut.

Ada cara gampang untuk mencegah kerusakan gigi mesin jam dinding di makan semut. Cara yang pertama yang saya sering gunakan ialah memakai kapur barus ( kamper ), kapur barus di hancurkan menjadi butiran-butiran halus kemudian butiran-butiran halus di sebarkan di sekeliling rumah mesin jam dinding. Cara yang kedua dengan menutupi mesin jam dinding dengan selotip. Cara yang ketiga semprotkan mesin jam dinding memakai obat pembasmi serangga.
Cara tersebut diatas ialah cara yang sering saya gunakan untuk mencegah kerusakan mesin jam dinding yang di akibatkan oleh semut.


Jika sudah rusak roda giginya, maka langkah terakhir adalah Ganti Mesin

Apabila seluruh cara di atas telah dilakukan namun jam dinding anda tidak sanggup berputar juga, sebaiknya ganti mesinnya. Anda sanggup membeli mesin jam baik di toko-toko kesayangan anda ataupun di toko online, harganya cukup terjangkau di bandingkan kenangan yang menempel pada jam dinding anda.

--> SELANJUTNYA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel