Cara Memperbaiki Sendiri Aki - Accu Yang Lemah Dan Mati


Accu atau biasa di sebut Aki atau istilah ilmiahnya Baterai Isi Ulang, baik itu ACCU Basah maupun Accu Kering sering kali Daya yang di hasilkan Lemah dan bahkan cepat Habis daya Listriknya, bahkan seringkali banyak juga yang mati mendadak,  semua kerusakan pada Accu tersebut tidak serta merta mengharuskan Accu anda itu harus di buang dan ganti dengan yang baru, apalagi kebanyakan accu tersebut gres berumur beberapa bulan, secara teori umur accu itu bisa hingga dengan Tahunan, jadi kenapa anda harus pasrah dengan cara membuang accu tersebut sebelum berusaha memperbaikinya sendiri, mengapa kami yakin sekali jikalau accu anda yang lemah daya, atau bahkan mati total masih bisa di betulin, lantaran kami melihat betapa maraknya praktek trade in di bengkel - bengkel atau di toko - toko accu dikala ini, accu bekas anda bisa di hargai antara 20 ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah tergantung Ampere Accu anda. mereka berani menampung accu bekas anda itu artinya accu tersebut masih bisa di daur ulang alis di betulin. nah atas dasar inilah kami sarankan anda coba belaja untuk Cara Memperbaiki Sendiri AKI - ACCU Yang Lemah atau Matot alias mati total, sebelum memperlajarinya mari silahkan anda simak salah satu video Tutorial yang akan membuka wawasan anda bahwa Accu yang rusak itu masih bisa di betulin loh - selamat menyimak !






Berbagai macam peralatan yang sanggup di gunakan untuk menunjang perbaikan Accu anda dan untuk mengukur daya kekuatannya, serta Ampere accu, yang mungkin menyerupai dengan Accu milik anda silahkan lihat spesifikasi lengkapnya terlebih dahulu, untuk lebih jelasnya silahkan silahkan anda Klik di --> SINI




Cara Praktis dan Murah Memperbaiki Aki Basah Soak


Cara memperbaiki aki berair pada motor sangatlah gampang dilakukan dan biayanya pun sangat murah bahkan bisa dikatakan gratis, cukup lah Anda mempersiapkan peralatan menyerupai :

    Obeng minus

Obeng minus berfungsi untuk membuka dan menutup epilog lubang daerah air aki.

    Penutup selang udara pada aki

Penutup selang udara daerah sirkulasi udara aki atau daerah pembuangan air aki dikala dimana aki kelebihan air aki yang menguap akhir reaksi kimia didalam aki, epilog ini berfungsi untuk menutup lubang udara semoga air aki tidak keluar dikala proses pencucian aki berair (bolak-balik).

    Air biasa.

Air biasa disini saya maksud kan ialah air apapun yang higienis tetapi dalam kondisi hambar suhu ruangan atau tanpa proses dipanaskan, jikalau Anda pernah mendengar bahwa proses pencucian sel aki dengan memakai air panas atau mendidih bisa menciptakan aki Anda sehat kembali ini ialah pernyataan yang sangat salah kaprah, kenapa? lantaran sel aki hanya bisa bertahan maksimal hanya dalam suhu 40 derajat celsius, diatas suhu itu sel aki akan hilang kemampuan untuk proses penyimpanan arus listrik.

    Aki (ACCU)

Pemilihan aki yang akan diperbaiki disini sangat-sangatlah penting untuk memilih keberhasilan cara memperbaiki aki berair pada motor, lantaran jikalau pemilihan aki salah maka perjuangan yang akan kita lakukan pada aki akan berujung sia-sia. Salah satu ciri-ciri aki berair pada motor yang masih bisa diperbaiki adalah:

Lihat kondisi sel aki, maksudnya ialah jikalau kondisi sel sudah berjamur atau ditandai dengan warna putih atau kuning kecoklatan berarti aki tidak layak untuk diperbaiki. Dan jikalau kondisi sel berlubang, patah atau melengkung ini juga ciri aki yang tidak bisa diperbaiki.

Cara Perbaiki Aki Basah Soak Pada Motor

Buka epilog lubang air aki dan isi dengan air biasa (bisa air sumur, PDAM, air sungai dsb) kemudian isi aki dengan air hingga penuh kemudian tutup kembali dengan memakai obeng minus hingga rapat.
   
Tutup epilog udara aki dengan selang yang salah satu ujung selang telah dirapatkan (buntu), ini bertujuan semoga dikala proses pencucian yaitu dengan cara dibolak-balik aki nya dan semoga air tidak ikut tumpah atau terbuang dari ventilasi udara. Lakukan proses ini hingga aki benar-benar bersih, yaitu ditandai dengan dasar aki kelihatan airnya atau kotoran kerak sel hilang. Proses ini bisa dilakukan hingga 4-5 kali artinya ketika air sudah dirasa kotor buang dan isi kembali.

Jika aki sudah benar-benar bersih, buang semua air yang tersisa dalam proses pembersihan, kemudian isi air aki, disini air aki yang sangat anjurkan ialah air aki adonan yaitu 1 botol kecil air zuur (tutup merah) dengan 2 botol air aki biasa (tutup biru), kenapa air campuran, bukan air zuur murni, lantaran air zuur hanya untuk pemakaian aki yang masih baru, bukan untuk aki yang sudah pernah terpakai. Penggunaan air zuur murni pada aki bekas akan menjadikan rusaknya sel lantaran kadar asam air aki yang terlalu tinggi.
   
Jika aki berair motor sudah terisi air adonan tadi, usahakan lakukan proses pengecasan minimal 2 jam pengecasan semoga sel kembali optimal untuk menyimpan arus listrik.



Cara Memperbaiki Aki Kering. 

Semua barang tentunya akan bisa mengalamai mengalami kerusakan tidak terlepas pula dengan yang namanya aki kering, Faktor penyebabnya pun berbeda-beda ada yang mengalami kerusakan dikarenakan cara pemakaian yang salah menyerupai konsleting atau bisa juga lantaran memang aki kering yang anda gunakan sudah terlalu renta atau emang sudah waktunya rusak.

Yang menjadi kelebihan utama dari aki kering kita tidak perlu melaksanakan perawatan khusus secara semoga beliau bisa bertahan lebih lama. Aki kering sendiri hanyalah penyebutan kebanyakan orang di Indoneisa untuk aki yang free maintenance/bebas perawatan, tidak menyerupai aki berair yang selalu harus kita teliti air aki jangan hingga kurang dari batas minimum.

Pada dasarnya aki kering maupun aki berair itu sama-sama memakai menggunakan cairan kimia yakni H2SO4, jikalau kondisi kerusakan aki kering anda memang lantaran disebabkan kekurang cairan tersebut maka tingkat keberhasilan service ini akan lebih baik.

Aki sebagai salah satu komponen yang sangat penting untuk motor dan juga kendaraan beroda empat yang kegunaannya untuk pengapian kalau udah rusak, akan menciptakan kita kesusahan untuk menyalakan motor.  Lalu apakah aki kering bisa diperbaiki ? jawabannya masih bisa kok, daripada pribadi membeli gres gak ada salahnya kan untuk mencoba cara yang satu ini.


Berikut ini Cara Memperbaiki Aki Kering yang Rusak

Sebelumnya anda memperbaiki aki kering anda yang sudah soak ada baiknya untuk menyiapkan terlebih dahulu beberapa peralatan yang nantinya akan dipakai menyerupai :

    Obeng Min
    Suntikan
    Air aki untuk pengisian gres menyerupai Accu Zuur atau Aki Sir.  Ingat jangan gunakan cairan aki untuk penambahan

Setelah semua peralatan sudah siap, pribadi praktek aja ya semoga tidak ada kesalahan oke:

   
Lepaskan dulu aki kering dari rangkaian sepeda motor anda. Setelah itu dengan memakai obeng min bukalah epilog aki kering, penutupnya memang rapat dan oleh pabriknya tutup aki tersebut di lem jadi harus sedikit sabar untuk membukanya
  
Setelah epilog aki terbuka selanjutnya, bula lagi tutup lubang aki kering yang penutupnya memakai karet.
   
Dengan memakai suntikan isikan air Accu Zuur hingga kira-kira kurang lebih 1 cm dari verbal lubaang aki.  Kaprikornus jangan hingga penuh banget.
   
Setelah sebuah lubang sudah terisi, tutup kembali lubang aki dan juga epilog aki sehabis itu kita pasangkan kembali aki kering yang sudah diperbaiki ke dalam rangkaian sepeda motor.
   
Kalau udah akhir semua.  Nyalakan dulu sepeda motor anda namun jangan pakai starter dulu ya pakai injak kaki dulu tunggu hingga kira-kira 15-20 menitan kemudian matikan sepeda motor
   

--> SELANJUTNYA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel